Langsung ke konten utama

CELEMPUNGAN

 

(Tugas akhir vokal kepesindenan dalam celempungan ISBI Bandung, sinden Nira Apriani)

    Celempungan adalah sebuah grup musik yang merupakan perkembangan dari celempung. Celempung sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari hinis bambu yang memanfaatkan gelombang resonansi yang ada dalam ruas batang bambu. Celempung pada saat ini masih dipertahankan di Desa Narimbang Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Namun waditranya sudah diganti oleh kayu yang dibentuk ruang segi delapan yang hinis bambunya diganti dengan plat dari besi. Alat pemukulnya terbuat dari bahan bambu atau kayu yang ujungnya diberi kain agar menghasilkan suara nyaring. Cara memainkan alat music ini ada 2 cara, yaitu dengan kedua alur sembilu dipukul bergantian tergantung ritme serta suara yang diinginkan, yang kedua dengan cara tangan kiri dijadikan untuk mengolah suara  (mengatur besar kecilnya udara yang keluar dari badan celempung).

        Selain waditra celempung, dalam celempungan sudah ditambah dengan waditra kecapi dan biola. Jadi kata celempung-an adalah kesenian celempung yang ditambah dengan waditra lain. Kata “Ngan” mengartikan adanya penambahan fungsi waditra dengan tujuan membuat celempung lebih halus dan bernada. Waditra kecapi dan biola adalah penuntun nada, dimana laras yang dipakai bisa jatuh pada laras pelog dan salendro. Sedangkan dalam celempung  nada yang dihasilkan fleksibel (jatuh pada nada dimana tidak berlaras pelog ataupun salendro) nada tersebut dinamakan timber.

        Lagu-lagu yang dihasilkan waditra tersebut diantaranya seperti Kidung Rahayu, juga Galuh dan Maung Lugay. Dilihat dari perkembangan nada yang dipakai bisa dipastikan celempungan lahir sesudah music celempung ada, hanya  sampai saat ini belum bisa ditentukan kapan celempungan lahir, karena dalam seni pertunjukkan belum ada sumber lisan ataupun tulisan yang merujuk hal ini. 


Artikel ini ditulis oleh Alinda Siti Nurjanah 
Kelas : XII IPS 4



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSIK TRADISIONAL SEBAGAI PENGIRING TARIAN DAN TEATER

Bentuk seni itu berbeda-beda, seperti seni musik, tari teater dan seni rupa. Keempat cabang seni tersebut saling terhubung satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Walaupun porsi tiap cabang seni berbeda-beda tergantung pada karya apa yang dibuat. Misalnya, seseorang membuat karya pertunjukan tari, maka cabang seni tari lah yang mendapatkan porsi paling banyak dalam karya tersebut, adapun musik didalam sebuah karya tari bertindak sebagai pengiring, bukan sebagai sajian utama dalam pertunjukan karya tersebut. Musik tradisional sebagai pengiring tarian Seperti telah disebutkan sebelumnya, dalam sebuah karya tari, musik bertindak atau berperan sebagai pengiring tarian. Namun, jika sebuah tarian tanpa diiringi dengan musik akan terasa kosong, hambar dan kurang. Oleh sebab itu, tari dan musik dalam sebuah karya tari telah menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Musik sebagai pengiring tarian, dalam penciptaannya haruslah seirama dengan gerakan tarian yang ditampilkan, karena t

APRESIASI SENI MUSIK TRADISIONAL

MENGAPRESIASI KARYA SENI PERTUNJUKAN

Silakan isi pertanyaan berikut terkait karya seni yang diamati, kemudian tuliskan dalam buku catatan kalian! Aspek yang dinilai : 1. Ketepanan, (antara objek yang diamati dengan jawaban) 2. Keterampilan menulis, (jelas atau tidaknya tulisan mengenai objek yang diamati, lengkap atau tidaknya informasi yang didapakan, komunikatif atau tidaknya tulisan yang dibuat) 3. Kemampuan menilai karya seni, (apakah penilaiannya berdasarkan informasi yang didapat dari berbagai sumber, atau dari satu sumber atau dari opini pribadi atau bahkan campuran antara opini pribadi dan sumber lainnya) 4. Kerjasama, (keterlibatan antar anggota dalam mengerjakan soal serta pembagian tugas antar anggota seimbang atau tidak) Instruksi pengerjaan soal : 1. Tuliskan soal dibuku catatan kalian 2. Pilih salah satu karya lalu silakan apresiasi sambil mengisi soal yang paling mudah terlebih dahulu 3. Gunakan fasilitas yang disediakan untuk mengisi soal yang telah diberikan 4. Berdiskusilah dengan teman kelompok mu 5. Tu